Berita

Pelatihan Jurnalistik dan Pewarta Warga Tahap – I

  KIMRamKet-Malang, pada hari ini Kamis, 23 Februari 2023, pukul : 09.00 WIB, bertempat di Ijen Suite Kota Malang Dinas Kominfo Kota Malang menggelar Pelatihan Jurnalistik atau Pewarta Warga Tahap 1. Pelatihan tahap 1 diikuti 94 peserta dari perwakilan 16 kelurahan di Kota Malang, Srikandi Pemuda Pancasila dan Nasyiatul Aisyiah. Peserta pelatihan mendapat materi teknik menulis berita, teknik fotografi dan teknik videografi selama 2 jam, secara teori dan langsung praktek.

Narasumber dan pemateri, Mohammad Solikin (56), yang merupakan praktisi jurnalistik media cetak dan elektronik senior di Malang. Pelatihan jurnalistik atau pewarta warga merupakan program Dinas Kominfo Kota Malang, mengakomodasi keinginan peserta lewat polling dari peserta. Dari 8 materi yang diusulkan kepada peserta atau responden, yang mendapat prosentase terbesar ada 3 materi, teknik menulis, teknik fotografi dan teknik videografi, sedangkan untuk 5 materi yang lain, seperti publik speaking, editing dan penyuntingan naskah, pembuatan narasi caption agar berita menarik pembaca, setting layout media cetak dan teknik wawancara ternyata kurang diminati responden.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Malang, Muhammad Nur Widianto S.Sos, mengatakan, pelatihan jurnalistik atau pewarta warga dilakukan untuk mengembangkan minat baca masyarakat yang saat ini sangat rendah, juga dalam rangka penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik. Kurangnya minat membaca, menurutnya, menyebabkan minimnya validasi informasi pada berita yang akan dipublikasikan. Hal itu sangat bertentangan dengan kode etik jurnalistik. Terlebih lagi keberadaan jurnalis atau wartawan yang bijak sangat dibutuhkan, sebagai pembentuk arus utama opini dan wacana dalam masyarakat.

Sebuah harapan besar semoga apa yang telah disampaikan oleh narasumber dan Kepala Dinas Kominfo Kota Malang menjadikan motivasi agar para pewarta warga lebih giat untuk memberikan berita – berita ter-up-to date sehigga minat baca masyarakat khususnya di Kelurahan Rampal Celaket meningkat.

  @kelrampalcelaket@kimramket@kecklojen@walikotamalang@dinaskominfokotamalang