Berita

Pelatihan Membatik Teknik Shibori

KIMRamKet-Malang, pada hari ini , Rabu 15 Maret 2023 pukul 08.30 bertempat di Aula Sasana Krida Rampal Celaket telah diadakan Pelatihan Membatik Teknik Shibori Sub Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Rampal Celaket Kecamatan Klojen Kota Malang Tahun 2023.

Acara yang dibuka langsung oleh Ibu Lurah, Nurul Fitri dampingi oleh Ibu Ratna Kasi Pemberdayaan Masyarakat serta instruktur pelatihan Ibu Retno Denys beserta asisten. Dalam sambutannya Ibu Lurah Nurul Fitri sangat berterima kasih kepada para peserta yang sudah hadir, diantaranya perwakilan dari Penggerak PKK, KIM, Forum Anak, serta ibu dan bapak peserta pelatihan.

Dilanjutkan dengan perkenalan instruktur pelatihan Ibu Retno Denys beserta asisten. Dalam materi yang diberikan teknik membatik shibori adalah teknik membatik mengadaptasi dari Jepang yang secara umum terdapat 6 teknik dasar yakni kuma, miura, kanoko, arashi, nui, dan itajime. Setelah diberikan materi para peserta mulai mempraktekan mulai dari awal sampai akhir cara membuat pola dari beberapa motif batik shibori. Keistimewaan shibori yaitu dapat menghasilkan warna dan motif yang tidak terduga. Sedangkan kekurangan dari shibori yaitu proses pembuatannya memerlukan waktu yang cukup lama karena diperlukan ketelitian dalam proses mengikat untuk membuat motif.

Alhamdulillah acara berjalan dengan penuh keceriaan diantara para peserta pelatihan. Semoga apa yang di dapat dari pelatihan hari ini bisa menjadikan tambahan ilmu dalam seni membatik bagi seluruh peserta khususnya dan bisa diajarkan kepada masyarat pada umumnya di wilayah Kelurahan Rampal Celaket.

@kelrampalcelaket@kimramket@pkkramket@kominfo@pemkotmalang@samsutiaji