Berita

Gagasan Seni Budaya 2

LPMK - 1

 

Berikut beberapa Kelompok Seni Budaya Warga Rampal Celaket :

1. Arema!Ker (Arek Malang berkerawitan) Pimpinan Cak Win (Ir. H. Windiarto) ini beranggotakan siswa SD, SMP, SLTA dan warga terutama di RW 05 dan RW 01. Kolaborasi degan Band Tressel merekam gending garapan pesanan Budi Ayoga Dancer, Komposisi 1, Pangkur, Praon, Payung, Nyidamsari. Bidang fokus kegiatan Karawitan populer, kontemporer, religi, patrol, kenthongan, music alat dapur, carnival, soangan dan sampai kini masih AKTIF. Berdiri sejak 28 Maret 2013, pelatihnya antara lain  Sutarman, Priyo Sunanto S. Sudah pernah tampil di 40 acara baik tingkat RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota & Kabupaten Malang, termasuk Kota & Kab Blitar, Peserta Terfavorit Fest Campursari Kota Malang 2014, Gedung Cak Durasim Surabaya, Live Opening Dangdut Academy, Lapangan Makodam Surabaya (2015); main di ICCCF 2.
2 Haniti Raras Wirama kelompok dari Karang Taruna RW 06; memiliki sinden super belia, remo anak, tari anak, kini sudah menguasasi 40an gending Karawitan baik klasik, kontemporer, religi, gending anak-anak & lagu barat kini AKTIF berlatih dan Berdiri sejak Agustus 2015, pelatih antara lain Sutarman, Cak Kiran, sudah 15 kali manggung baik di Tingkat RW RW, Kelurahan, Kota Malang, Matos, Surabaya, termasuk mengikuti lomba Patrol 2016; Patrol Jazz.
3 Terbang Jidor Al Mawwadah/Ibu-ibu RT 05 RW 05 Lagu religi dan kontemporer masih AKTIF Latihan mingguan. tampil di banyak acara, baik di Kelurahan, hajatan waga, ikut lomba lomba di Kota Malang.
4 Kelompok Mainan Tradisional Anak antara lain Egrang, dakon, Membimbing dan
mengajarkan pada yang anak, ibu-bapak seputaran SKB Kelompok ini dimotori olah Cak Win. Peralatan seperti tandem klompen, gasing, sprengan, engklek sering dipinjam pihak luar seperti mahasiswa, kantor, kampung lain masih Aktif.
5 Ketoprak Kampung Celaket Pimpinan Ir. H. Achmad Winarto bergerak di bidang Ketoprak Jawa Manggung dalam acara Fest Kampung Celaket, sebag personil bergabung di Ketoprak Bawarasa Ngijo saat ini masih AKTIF / INSIDENTAL.
3 Wayang Glodag Pimpinan Johariadi dkk / Panjak warga RW 01 Wayang kontemporer dan dakwah
Wayang pakeliran padat, dengan alat terbatas, lakon lebih luwes. Memiliki gamelan dan pengiring sendiri. Tampil incidental di beberapa acara kelurahan, RW, dan Komunitas sampai saat ini masih AKTIF / INSIDENTAL
4 Seni Bela Diri Pagar Nusa dari RW 01, bidang Olah raga bela diri selalu Berlatih di Lapangan RW 01 kini masih AKTIF
6 Band Komunitas Kampung Celaket dikenal juga dengan Tressel Pimpinan Cak Edy Susanto dan Cak Supranoto bergerak di Musik Tembang Kenangan tampil main di banyak acara, undangan  Khusus, dan sejak 2015 main tetap di Baswara Café kegiatan di Kampung IDLE SEMENTARA kecuali diperlukan.
7 Kroncong RW 03 / Komunitas profesional Orkes Keroncong, Aktif berlatih di RW 03, profesional
IDLE SEMENTARA
8 Kroncong Tressel / digawangi oleh Om Sutarman, Om Uprit, Om Sutrisno, dan Om Ferry bergerak di bidang Orkes Keroncong Sementara idle, beberapa personil banyak yang tugas/pindah ke
luar daerah
10 Patrol (Damai) Pimpinan Cak Nanang G. bergerak dalam lagu Lagu Religi Sementara kegiatan rutin idle tetapi bisa di tampilkan setiap saat.

 

dari beberapa kelompok seni budaya di atas tidak berlebihan bilamana Kelurahan Rampal ingin menunjukkan jatidiri sebagai Kelurahan Seni Budaya.

bersambung…

 

About author

Articles

06 Januari 2015 mutasi Supit Urang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *