Partisipasi Masyarakat

DSC_1022 DSC_1021 DSC_1012 DSC_1006 DSC_1007

 

PARTISIPASI MASYARKAT :

LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) Bpk Shodikin. Pembangunan fisik dan non fisik

Beberapa giat diantaranya pembangunan di bidang lingkungan dengan membuat pergola, gotong royong kerja bakti bersih lingkungan, membuat got, bantu warga kurang mampu, mengadakan bimbingan belajar gratis bagi warga khususnya anak anak sekolah, pengolahan sampah untuk kerajinan, sayuran organik, dll.

BKM
RW (Rukun Warga) : 6 RW
RT (Rukun Tetangga) : 35 RT
Karang Taruna (Dinsos)
Gapoktan (Disperta)
Kelompok Tani (Disperta)
PSM (Dinsos)
Karang Werda (Dinkes-Dinsos)
Pos daya

Posyandu

Gerdutaskin

Koperasi Wanita (Dinkop)
Kader Lingkungan (Diperta)
BKB (Bina Keluarga Balita) BKBPM

Linmas (Satpol PP)

TP PKK

Poskeskel (Dinkes)/

Kelurahan Siaga

Kelurahan Sehat

Sanggar Sasana Krida Budaya

 

11954546_10205027806190188_7675850436670863705_n

11916091_10205027803510121_5369878023454680211_n

PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 5 TAHUN 2007 TENTANG PEDOMAN PENATAAN LEMBAGA KEMASYARAKATAN :

Rukun Warga, untuk selanjutnya disingkat RW atau sebutan lainnya adalah bagian dari kerja lurah dan merupakan lembaga yang dibentuk melalui musyawarah pengurus RT di wilayah kerjanya yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Lurah.
Rukun Tetangga, untuk selanjutnya disingkat RT atau sebutan lainnya adalah lembaga yang dibentuk melalui musyawarah masyarakat setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh Pemerintah Desa atau Lurah.
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Desa/Kelurahan, untuk selanjutnya disebut TP PKK Desa/Kelurahan adalah lembaga kemasyarakatan sebagai mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya, yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang pemerintahan untuk terlaksananya program PKK.
Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, untuk selanjutnya disingkat Gerakan PKK, adalah Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.
Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa, untuk selanjutnya disingkat LKMD atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, untuk selanjutnya disingkat LPM adalah Lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra Pemerintah Desa dan Lurah dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.
Karang Taruna adalah Lembaga Kemasyarakatan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial, yang secara fungsional dibina dan dikembangkan oleh Departemen Sosial.
Lembaga Adat adalah Lembaga Kemasyarakatan baik yang sengaja dibentuk maupun yang secara wajar telah tumbuh dan berkembang di dalam sejarah masyarakat atau dalam suatu masyarakat hukum adat tertentu dengan wilayah hukum dan hak atas harta kekayaan di dalam hukum adat tersebut, serta berhak dan berwenang untuk mengatur, mengurus dan menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan dan mengacu pada adat istiadat dan hukum adat yang berlaku.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.