Kelurahan RC oleh Mahasiswa Unitri 2019

Internship Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang di Kelurahan Rampal Celaket
Kelurahan Rampal Celaket merupakan salah satu dari kecamatan klojen yang terletak di Jl. Simpang Kasembon No.8. kelurahan Rampal ini di pimpin oleh seoramg Lurah yaitu bapak. Sabardi, S.Ag., MM. Serta beberapa staf lainnya yang bekerja sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Kami selaku mahasiswa unitri yang terdiri dari tiga ( 3 ) orang sangat bersyukur ketika pihak kampus menempatkan kami di kelurahan tersebut.
Pada kegiatan internship khususnya hari pertama sebagai tahap awal kegiatan dikelurahan rampal celaket kota malang kami Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang sangat bersyukur karena ditempatkan dikelurahan rapal celaket yang dimana kami disuguhkan dengan berbagai macam kegiatan antara lain mendampingi pegawai dari dinas lingkungan hidup untuk menilai dan mendindaklanjuti terkait kampung bersih, nyaman dan rapi dengan cara melakukan pengelolahan sampah rumah tangga dan cara penanggulanganya agar masyarakat memiliki daya tarik tersendiri dalam pengelolahan sampah dengan dijadikan barang yang memiliki kualitas tinggi hal tersebut merupakan dorongan atau motivasi tersendiri bagi masyarakat disetiap RW dikelurahan Rampal Celaket Kota Malang dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang .
Pihak dari Dinas Lingkungan Hidup berupaya agar setiap warga masyarakat dapat melakukan program kerjanya dengan baik dengan tujuan memotivasikan masyarakat agar memiliki kretaivitas dan akivitas yang rutin dalam mengelolah sampah rumah tangga. Pada saat penilaian berlangsung wajib setiap RW menunjukan kreativitasnya dalam mengelolah sampah rumah tangga, semua masyarakat khususnya disetiap RW melaksanakannya dengan baik bahkan memanfaatkan sampah sebagai bahan yang berguna dan bermanfaat contoh: plastik minyak goreng dijadikan pot untuk menanam sayur dan masih banyak kegunaan lain dari sampah yang dihasilkan rumah tangga dengan tujuan menjadikan kampung yan ramah lingkungan dan bersih ada pula cara pengelolaan limbah air sisa pembuangan rumah tangga untuk menyiramkan tanaman dengan menggunakan alat yang dibuatkan oleh masyarakat sendiri yakni mengfilter air sisa pembuangan rumah tangga guna untuk penyiraman tanaman alat tersebut mampu meyaring air yang kotor mejadi bersih tapi bukan untuk diminum hanya digunakan untuk penyiraman tanaman. Dibalik itu semua penilian dari dinas lingkungan hidup akan mempresentasikan setiap RW yang masuk dalam kategori juara kampung bersinar harapan besar dari Dinas Lingkunga Hidup adalah semua RW yang masuk dalam kategori penilaian akan mendapatkan juara sesuai dengan usaha dan upaya dari setiap RW.
Semua kegiatan dikelurahan rampal celaket yang diagendakan pada saat kegiatan internship berlangsung puji Tuhan kami mengikutinya lebih khususnya pada saat kegiatan menulis batik yang dimana semua ibu-ibu disetiap RW dikelurahan Rampal Celaket akan mengadakan pelatihan menulis batik yang dipandu oleh pihak pengelolah batik khususnya dikelurahan Rampal Celaket dengan didampingi oleh pihak dari kelurahan dan agenda kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap masyarakat khususnya dikelurahan Rampal Celaket Kota Malang. Antusias dari ibu-ibu merupakan semangat tersendiri bagi kami khususnya padaa saat kegiatan tersebut dikarenakan baru melihat cara dan proses pembuatan batik yang sesungguhnya yang mungkin selama ini kami hanya melihat di TV atau hanya memakai baju namun cara dan proses pembuatannya yang tidak tau.
Kegiatan tersebut merupakan suatu pelajaran tersendiri bagi kami, karena kami mengaggap hal tersebut suatu hal yang baru. Kegiatan lainnya adalah mengikuti penyuluhan hukum yang dihadirkan oleh masyarakat disetiap RW dengan narasumber dari pengadilan negeri kota malang, kejaksaan negeri kota malang, kapolres kota malang dan dinas pertanahan kota malang kegiatan tersebut diagendakan selama dua hari digedung kelurahan Rampal Celaket dengan tujuan memberikan pencearhan hukum bagi masyarakat khususnya dikelurahan Rampal Celaket Kota Malang dan bagi kami kegiatan penyuluhan hukum tersebut merupakan seminar nasional bagi kami mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang karena mendapatkan berbagai ilmu dari narasumber yang berbeda khususnya tentang hukum. Penyuluhan tersebut merupakan sebagai bekal ilmu bagi kami ketika kami mengabdi dimasyarakat nantinya penyuluhan hukum tersebut adalah motivasi tersendiri bagi kami agar setiap tindakan dan perilaku pasti ada kaitanya dengan aturan yang berlaku harapan besar dari semua narasumber agar melakukan hal yang terbaik khususnya dikelurahan Rampal Celaket Kota Malang.

Penulis
Faintus Jeharis nim ( 2016210057 )
Erthofan Umbu Leha nim ( 2016210055 )
Erwinda Marlianti Sat Mali nim ( 2016210056 )

 

 

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.