Berita

Idul Adha 1437 H

kata-mutiara-idul-adha

Idul Adha 1437 H Tahun 2016 jatuh pada Tanggal 12 September 2016

 

Wama lakum laa tuqotiluuna fii sabilillahi wal-mustadh’afiina minarrijali wan-nisai wal wildanil-ladziina yaquuluna robbana akhrijna minhadzihil qoryatidz-dzolimi ahluha waj’alna mil-ladunka waliyya waj’alna mil-ladunka nashiiro. (an-nisa’- 75)
( Mengapa kamu tidak mau berjihad dijalan Allah, membela orang-orang tertindas baik, laki-laki maupun perempuan dan anak-anak yang semuanya berdo’a : Ya Tuhan kami, keluarkan kami dari negeri yang dzalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi-Mu dan berilah penolong dari sisi-Mu).

Ibadah qurban bermula dari kisah Nabi Ibrahim yang diperintahkan Allah melalui mimpi untuk menyembelih anaknya sendiri, Ismail. Dengan perasaan resah, Nabi Ibrahim kemudian menceritakan mimpi kepada isterinya. Demi mendekatkan diri kepada Allah, isteri Nabi Ibrahim menyatakan ikhlas.

Momentum Idul Adha sangat tepat untuk merenungkan kembali pembangunan karakter bangsa yang tidak lepas dari keteladanan Nabi Ibrahim yang memiliki nilai-nilai luhur dan hakiki.

Nabi Ibrahim adalah manusia yang menunjukkan keikhlasan dan ketaatan yang tulus dalam menerima perintah Allah SWT. Kesabaran dikedepankan manakala perintah Allah itu dirasakannya bertentangan dengan fikiran dan keinginannya.

Kita sebagai pemuda Islam sudah waktunya memaknai momen Idul Adha ini sebagai langkah awal peningkatan lahir dan batin. Kita menjadi semakin sadar akan makna pengorbanan, karena manusia hidup pasti akan senantiasa dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan kita untuk berkorban. Perintah berkurban di Idul Adha ini sesungguhnya menyodorkan idealisme dan realisme dalam kehidupan kita. Apalagi saat ini negeri kita tengah menghadapi banyak persoalan social, politik, kemanusiaan dan keagamaan yang menantang untuk melahirkan jiwa-jiwa “pengorbanan” kita. Sebuah kondisi yang pelik inilah yang membuat kita semakin merasakan betapa pentingnya pengorbanan demi kemanusiaan. Dengan menempatkan “Roh Pengorbanan” di setiap aktivitas dakwah, kita berharap akan terjadi sebuah perubahan kearah yang lebih baik lagi. Dengan mengedepankan “roh pengorbanan” pula, kita berharap bisa mencapai cita-cita besar Indonesia Madani.

Selamat menunaikan Idul Adha 1437 H

About author

Articles

06 Januari 2015 mutasi Supit Urang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *